KERANJANG PINTAR
DARI THE GELAS
OLEH : DESRI
MAWARLINA
A.
PENGERTIAN
Keranjang pintar adalah
suatu keranjang atau wadah yang mempunyai ruang yang bisa ditempati dan
memiliki tentengan dan bersifat pintar maksudnya adalahmempunyai banyak hal di
dalamnya seperti kumpulan permainan yang disimpan didalamnya, media pembelajaran
yang akan digunakan, atau menyimpan sesuatu yang sudah kita letakkan didalamnya
sebelumnya namun akan dijadikan sebagai kejutan kepada anak sehingga anak
berfikir keranjang ini adlah keranjang pintar, atau banyak bersifat ilmu
pengetahuan yang mampu mencerdaskan atau informasi terbaru yang akan diketahui
oleh anak didik.
Keranjang pintar ini
adalah modifikasi dari kotak pintar
yaitu ciptaan dari ELIZABETH PEABODY dan fungsinya hampir sama dengan keranjang
pintar diatas seperti menyimpan permainan, APE, dll. Namun bedanya kotak pintar
terbuat dari kardus atau kotak lainya yang dilapisi oleh kertas kadoatau kertas
minyak yang bisa menarik perhatian anak didik, sedangkan keranjang pintar
terbuat dari potongan kemasan minuman the gelas yang disusun diatas karton
jerami dan memiliki tentengan atau pegangannya dan juga media ini dibuat karena
tugas dari mata kuliah media pembelajaran aud ini mengintruksikan membuat media
pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas disekitar kita disamping itu hal
ini juga bertujuan untuk memupuk kreatifitas kita sebagai pendidik dalam
mengadakan media pembelajaran untuk anak dan praktis, ekonomis dan pembelajaran
tidak terhambat karena ketidak tersedianya media pembelajaran atau dengan kata
lain tidak terlalu menunggu bantuan dari pihak terkait.
Dan disini penulis memanfaatkan botol
minuman teh gelas untuk dibuat keranjang pintar agar berfungsi sebagai salah
satu alternative media pembelajaran untuk anak, namun saat pembuatanya yang
harus diperhatikan adalah memilik unsure pendidikan atau tidaknya karena hal
ini sangat penting untuk tumbuh kembangnya anak usia dini.
B.
Nama media
Nama media pembelajaran yang penulis buat
adalah KERANJANG PINTAR DARI TEH GELAS
C.
Alat dan bahan yang digunakan,Bahan yang perlu
dipersiapkan untuk pembuatan media ini, diantaranya :
20 botol kemasan minuman the gelas
Tali rapi bekas 2 warna, kuning dan hijau
Kertas karton jerami
Lem fox dan aica aibon,secukupnya
Isi klep secukupnya
Kertas karton warna
Alat yang diperlukan diantaranya :
Gunting
Pisau cutter
Rol
Spidol /Pensil
Klep
Karet penghapus
Dll.
D.
Cara pembuatan media ini adalah :
a)
Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan
untuk pembuatan keranjang pintar, dan juga yang terpenting adalah saat
pemilihan medianya yaitu pilihlah botol teh gelas yang masih utuh atau tidak
rusak, atau penyet.
b)
Potong botol minuman menjadi dua bagian,rapikan
plastic depannya dan lakukan hal tersebut untuk semua botol minuman, setelah
itu cucilah botol minuman hingga bersih.
c)
Kemudian ambil karton jerami dan buatlah sketsa lingkaran
sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan pensil / spidol.
d)
Setelah itu ambil masing-masing potongan botol
the gelas, bubuhi dengan lem bagian alasnya dan tempelkan ke sketsa yang sudah
dibuat, usahakan tidak keluar dari garis yang sudah dibuat, ulangi hal ini
hingga seluruh lingkaran terpenuhi, lalu buat tingkat kedua dibagian atas botol
minuman dan ikuti susunan awal hingga membentuk lingkaran yang bagus dan rapi.
e)
Setelah itu masukan kertas warna kebagian dalam
lingkaran botol tapi sebelumnya betuk dahulu bagian kertas warna menjadi
lingkaran dan bubuhi bagian bawahnya dengan lem dan tempelkan kedasar karton
jerami dan bagian botol agar terlihat rapi. Tujuannya yaitu menutupi bagian
botol yang bercelah-celah.
f)
Setelah itu ambil tali rapia yang sudah
disiapkan, bisa dijalin atau dikreasikan sesuai dengan keinginan dan
kreatifitas masing-masing, kemudian lubangi botol tadi di bagian kri dan kanan
untuk menyangkutkan tali rapia atau bisa juga dengan cara diklepkan dan tatalah
letak peganganya agar mudah digunakan dan semenarik mungkin
g)
Setelah itu rapikan bagian karton jerami yang
dibawah dengan pisau cutter.
h)
Setelah itu kita bisa menambahkan hiasan nya
misal: bunga dar plastic, cat semprot, sesuai kreasi masing-masing.
i)
Media keranjang pintar siap digunakan.
E.
Tujuan pembuatannya
Tujuannya adalah untuk melengkapi tugas
akhir semester mata kuliah media pembelajaran aud dan juga tugas kita sebagai
calon guru anak usia dini adalah mengembangkan kreatifitas dan memanfaatkan
barang bekas yang ada disekitar hingga bernilai guna untuk pendidikan anak.
F.
Manfaat media serta jenis kegiatan atau
permainan yang bisa dilakukan
Diantaranya :
1)
Bisa dijadikan tempat penyimpanan media
pembelajaran lainya yang akan digunakan dalam pembelajaran yang akan
dilaksanakan. Misal : saat tema binatang ketika guru menggunakan metode
bercerita dengan boneka tangan atau jari untuk menjelaskan binatang, maka guru
bisa memanfaatkan keranjang ini untuk menyimpanya. Nah karna isi dari keranjang
ini adalah salah satu penunjang pembelajaran atau bersifat hal baru yang akan
diterima anak maka hal ini akan bersifat pintar di fikiran anak dan juga hal in
dapat mengembangkan aspek kognitif anak dalam menerima hal baru.
2)
Dan juga keranjang ini bisa digunakan saat ada
permainan melempar bola, nah anak bisa melemparkan bola tersebut kedalam
keranjang pintar tadi, dan disini keranjang pintar bersifat menunjang
perkembangan aspek psikomotorik anak.
3)
Ketika ada tema pekerjaan maka disalah satu
profesi misal ibu rumah tangga, anak yang memerankan pekerjaan ibu rumah tangga
bisa memanfaatkan keranjang pintar ini sebagai keranjang yang akan dibawa
kepasar oleh ibu tadi, disini terjadi pengembangan aspek motorik anak saat
memegang keranjang, lalu aspek kognitif anak mampu berfikir untuk mengumpamakan
keranjang tersebut memang keranjang asli yang dibawa oleh ibunya kepasar, dan
ia akan menghubungkan pemikiran tersebut ke dalam lingkungan yang pernah ia
jumpai.
4)
Selain itu kita bisa mengenalkan warna
talikepada anak, dan juga warna-warna lainya yang ada pada keranjang hal ini
bersifat mengembangkan aspek kognitif anak yaitu mempunyai pengetahuan baru
tentang konsep warna dan juga aspek seni anak akan keindahan warna.
5)
Selain itu kita bisa mengajak anak untuk
menghitung jumlah potongan botol the gelas tadi namun masih dalam hitungan
sederhana yang sudah bisa dipahami oleh anak usia dini dan kegiatan ini dapat
mengembangkan aspek kognitif anak yaitu berhitung.
6)
Dan juga kita bisa memasukkan nyanyi kedalam
permainannya yang melibatkan keranjang pintar tersebut, namun nyanyi yang
berkaitan.
7)
Dan juga keranjang pintar ini bisa digunakan
untuk menyimpan permainan anak usia dini.
mawar ikuti blogs akak yooo
BalasHapusya kk, mna almtnya?
Hapuscontoh permainan.y seperti apa t awan??
BalasHapusassalamualaikum,,pak raden..
Hapusoo, law bentuk permainannya banyak bisa digunakan dibeberapa tema pembelajaran anak usia dini, yang intinya dapat mengembangkan beberapa aspek perkembnagan anak yang sangat penting untuk dikembangkan..dan diatas sudah ada pak bentukbentuk dari permainannya..bisa di pahami saja..