lalu lintas

Sabtu, 15 Desember 2012


KERANJANG PINTAR DARI THE GELAS
OLEH : DESRI MAWARLINA

A.   PENGERTIAN
Keranjang pintar adalah suatu keranjang atau wadah yang mempunyai ruang yang bisa ditempati dan memiliki tentengan dan bersifat pintar maksudnya adalahmempunyai banyak hal di dalamnya seperti kumpulan permainan yang disimpan didalamnya, media pembelajaran yang akan digunakan, atau menyimpan sesuatu yang sudah kita letakkan didalamnya sebelumnya namun akan dijadikan sebagai kejutan kepada anak sehingga anak berfikir keranjang ini adlah keranjang pintar, atau banyak bersifat ilmu pengetahuan yang mampu mencerdaskan atau informasi terbaru yang akan diketahui oleh anak didik.

Keranjang pintar ini adalah modifikasi dari kotak pintar yaitu ciptaan dari ELIZABETH PEABODY dan fungsinya hampir sama dengan keranjang pintar diatas seperti menyimpan permainan, APE, dll. Namun bedanya kotak pintar terbuat dari kardus atau kotak lainya yang dilapisi oleh kertas kadoatau kertas minyak yang bisa menarik perhatian anak didik, sedangkan keranjang pintar terbuat dari potongan kemasan minuman the gelas yang disusun diatas karton jerami dan memiliki tentengan atau pegangannya dan juga media ini dibuat karena tugas dari mata kuliah media pembelajaran aud ini mengintruksikan membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas disekitar kita disamping itu hal ini juga bertujuan untuk memupuk kreatifitas kita sebagai pendidik dalam mengadakan media pembelajaran untuk anak dan praktis, ekonomis dan pembelajaran tidak terhambat karena ketidak tersedianya media pembelajaran atau dengan kata lain tidak terlalu menunggu bantuan dari pihak terkait.
Dan disini penulis memanfaatkan botol minuman teh gelas untuk dibuat keranjang pintar agar berfungsi sebagai salah satu alternative media pembelajaran untuk anak, namun saat pembuatanya yang harus diperhatikan adalah memilik unsure pendidikan atau tidaknya karena hal ini sangat penting untuk tumbuh kembangnya anak usia dini.

B.    Nama media
Nama media pembelajaran yang penulis buat adalah KERANJANG PINTAR DARI TEH GELAS
C.    Alat dan bahan yang digunakan,Bahan yang perlu dipersiapkan untuk pembuatan media ini, diantaranya :
*        20 botol kemasan minuman the gelas
*        Tali rapi bekas 2 warna, kuning dan hijau
*        Kertas karton jerami
*        Lem fox dan aica aibon,secukupnya
*        Isi klep secukupnya
*        Kertas karton warna
Alat yang diperlukan diantaranya :
*        Gunting
*        Pisau cutter
*        Rol
*        Spidol /Pensil
*        Klep
*        Karet penghapus
*        Dll.

D.        Cara pembuatan media ini adalah :
a)    Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan untuk pembuatan keranjang pintar, dan juga yang terpenting adalah saat pemilihan medianya yaitu pilihlah botol teh gelas yang masih utuh atau tidak rusak, atau penyet.
b)   Potong botol minuman menjadi dua bagian,rapikan plastic depannya dan lakukan hal tersebut untuk semua botol minuman, setelah itu cucilah botol minuman hingga bersih.
c)    Kemudian ambil karton jerami dan buatlah sketsa lingkaran sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan pensil / spidol.
d)   Setelah itu ambil masing-masing potongan botol the gelas, bubuhi dengan lem bagian alasnya dan tempelkan ke sketsa yang sudah dibuat, usahakan tidak keluar dari garis yang sudah dibuat, ulangi hal ini hingga seluruh lingkaran terpenuhi, lalu buat tingkat kedua dibagian atas botol minuman dan ikuti susunan awal hingga membentuk lingkaran yang bagus dan rapi.
e)   Setelah itu masukan kertas warna kebagian dalam lingkaran botol tapi sebelumnya betuk dahulu bagian kertas warna menjadi lingkaran dan bubuhi bagian bawahnya dengan lem dan tempelkan kedasar karton jerami dan bagian botol agar terlihat rapi. Tujuannya yaitu menutupi bagian botol yang bercelah-celah.
f)     Setelah itu ambil tali rapia yang sudah disiapkan, bisa dijalin atau dikreasikan sesuai dengan keinginan dan kreatifitas masing-masing, kemudian lubangi botol tadi di bagian kri dan kanan untuk menyangkutkan tali rapia atau bisa juga dengan cara diklepkan dan tatalah letak peganganya agar mudah digunakan dan semenarik mungkin
g)    Setelah itu rapikan bagian karton jerami yang dibawah dengan pisau cutter.
h)   Setelah itu kita bisa menambahkan hiasan nya misal: bunga dar plastic, cat semprot, sesuai kreasi masing-masing.
i)      Media keranjang pintar siap digunakan.

E.    Tujuan pembuatannya
Tujuannya adalah untuk melengkapi tugas akhir semester mata kuliah media pembelajaran aud dan juga tugas kita sebagai calon guru anak usia dini adalah mengembangkan kreatifitas dan memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar hingga bernilai guna untuk pendidikan anak.

F.    Manfaat media serta jenis kegiatan atau permainan yang bisa dilakukan
Diantaranya :
1)    Bisa dijadikan tempat penyimpanan media pembelajaran lainya yang akan digunakan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Misal : saat tema binatang ketika guru menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan atau jari untuk menjelaskan binatang, maka guru bisa memanfaatkan keranjang ini untuk menyimpanya. Nah karna isi dari keranjang ini adalah salah satu penunjang pembelajaran atau bersifat hal baru yang akan diterima anak maka hal ini akan bersifat pintar di fikiran anak dan juga hal in dapat mengembangkan aspek kognitif anak dalam menerima hal baru.
2)    Dan juga keranjang ini bisa digunakan saat ada permainan melempar bola, nah anak bisa melemparkan bola tersebut kedalam keranjang pintar tadi, dan disini keranjang pintar bersifat menunjang perkembangan aspek psikomotorik anak.
3)    Ketika ada tema pekerjaan maka disalah satu profesi misal ibu rumah tangga, anak yang memerankan pekerjaan ibu rumah tangga bisa memanfaatkan keranjang pintar ini sebagai keranjang yang akan dibawa kepasar oleh ibu tadi, disini terjadi pengembangan aspek motorik anak saat memegang keranjang, lalu aspek kognitif anak mampu berfikir untuk mengumpamakan keranjang tersebut memang keranjang asli yang dibawa oleh ibunya kepasar, dan ia akan menghubungkan pemikiran tersebut ke dalam lingkungan yang pernah ia jumpai.
4)    Selain itu kita bisa mengenalkan warna talikepada anak, dan juga warna-warna lainya yang ada pada keranjang hal ini bersifat mengembangkan aspek kognitif anak yaitu mempunyai pengetahuan baru tentang konsep warna dan juga aspek seni anak akan keindahan warna.
5)    Selain itu kita bisa mengajak anak untuk menghitung jumlah potongan botol the gelas tadi namun masih dalam hitungan sederhana yang sudah bisa dipahami oleh anak usia dini dan kegiatan ini dapat mengembangkan aspek kognitif anak yaitu berhitung.
6)    Dan juga kita bisa memasukkan nyanyi kedalam permainannya yang melibatkan keranjang pintar tersebut, namun nyanyi yang berkaitan.
7)    Dan juga keranjang pintar ini bisa digunakan untuk menyimpan permainan anak usia dini.







4 komentar:

  1. contoh permainan.y seperti apa t awan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum,,pak raden..

      oo, law bentuk permainannya banyak bisa digunakan dibeberapa tema pembelajaran anak usia dini, yang intinya dapat mengembangkan beberapa aspek perkembnagan anak yang sangat penting untuk dikembangkan..dan diatas sudah ada pak bentukbentuk dari permainannya..bisa di pahami saja..

      Hapus